Fungsi dari Solar Panel Listrik Rumah

Solar Panel Listrik Rumah dikenal sebagai salah satu teknologi yang dapat menggunakan energi cahaya matahari berubah menjadi listrik merupakan salah satu kelebihan panel surya. Adapun nama lain sel surya yaitu Fotovoltaik juga dapat digunakan untuk sistem solar thermal. 

Informasi kali ini akan membahas beberapa hal mengenai fungsi solar cell lengkap. Berikut ini adalah penjelasannya.

Fungsi Solar Panel Listrik Rumah

Pada dasarnya, energi surya atau matahari ini memiliki kelebihan panel surya dalam hal menghemat energi listrik. Khususnya, jika dilihat dari segi biaya listrik konvensional atau listrik yang non subsidi.

Hal ini tentunya karena sudah ada radiasi yang akan dihasilkan sekitar 4,8 kWh/m2 perlu ditangkap pada inti sel surya yang ada di komponen panel. Fungsi solar Cell sendiri untuk dapat membuat aliran listrik hanya dengan menggunakan sumber sinar matahari.

Dimana nantinya sinar matahari bisa diproses sehingga akan diubah menjadi energi listrik. Sementara itu untuk teknologi ini sebenarnya masih dikategorikan sebagai tipe konvensional. Biasanya, komponen yang digunakan yaitu tipe junction. 

Letaknya sendiri terdapat pada semikonduktor tipe-p maupun tipe-n yang berasal dari ikatan atom. Umumnya z Tipe-hp ini mempunyai muatan jenis positif hole. 

Sementara itu z untuk Tipe-n ini mempunyai muatan negatif (elektron). Apabila men doping material, maka harus bisa ada tambahan atom dopant. Saat p-n junction berhasil menangkap sinar matahari, maka urutannya seperti berikut : Semikonduktor ke Elektron lalu Kontak negatif dan Listrik

Sementara itu, jenis Solar Panel Listrik Rumah terdiri dari beberapa jenis yang perlu diketahui. Akan tetapi, jenis ini sudah ada pada panel surya agar tidak salah membeli teknologi ini. Berikut ini adalah penjelasan terkait jenis Solar 

  1. Jenis Solar Cell Monocrystalline Silicon

Jenis Solar cell monocrystalline silicon ini sebenarnya dapat dibilang tergolong awet. Hal ini karena penggunaannya dapat berlaku sampai waktu yang cukup panjang. Bahan pembentuknya sendiri sebenarnya hanya dibuat dari kristal silikon murni yang bersifat tunggal.

Hal ini karena bahan dari jenis ini tampak lebih aman. Persentase untuk bisa mengubah sinar matahari menjadi energi listrik bisa langsung menggunakan Solar Panel Listrik Rumah monocrystalline silicon yang tergolong paling tinggi. Nilai persentasenya diketahui saat ini dapat mencapai 20℅.

  1. Jenis Solar Cell Thin Film

Jenis Solar Panel Listrik Rumah thin film ini diketahui mempunyai teknologi yang bisa melakukan proses perubahan energi dari sinar matahari menjadi energi listrik. Akan tetapi, untuk persentasenya sendiri sebenarnya di bawah dari jenis solar cell monocrystalline silicon. 

Dimana pada jenis solar cell Thin Film hanya dapat mencapai 10% saja untuk melakukan persentase perubahannya. Selain itu, untuk ukuran komponen penyusunnya saat ini hanya 10 mm. Kemudian untuk material permukaan teknologi sendiri telah menggunakan kaca, plastik serta metal.

Itu saja beberapa informasi terkait fungsi dan kelebihan panel surya dari solar Panel Listrik Rumah.

Leave a Comment