Perbedaan Plat Besi Hitam dan Putih, Sering Digunakan Untuk Konstruksi

Di Dalam bidang konstruksi, kehadiran dari plat besi hitam ternyata mempunyai peran yang sangat penting lho. Terlebih lagi kehadirannya sudah diterapkan untuk kehidupan sehari-hari mulai diterapkan di pintu rumah, alat transportasi hingga bangunan.

Untuk jenis plat hitam inilah biasanya mempunyai ukuran per lembar yakni 122 cm x 124 cm dengan ketebalan berkisar antara 1,2 mm hingga 200 mm. Ini juga termasuk tipe plat besi yang paling umum digunakan di dalam struktur baja profil.

Perbedaan Plat Besi Hitam dan Putih

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa kehadiran dari plat besi  hitam inilah sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Material inilah biasanya berfungsi sebagai penguat dan dapat dijadikan sebagai dudukan untuk material profil.

Bahkan tidak jarang juga dimanfaatkan untuk bahan baku dari pembuatan tangka dan beberapa produk material yang lainnya. Walaupun kehadirannya sudah mudah ditemukan, tetapi tidak sedikit dari masyarakat belum mengetahui perbedaan plat besi hitam dengan putih.

Keduanya memang sering digunakan sebagai material di dalam pekerjaan konstruksi dimana punya bentuk berupa lembaran atau lempengan, serta memiliki permukaan yang rata. Dan juga sering digunakan sebagai  alas, bahan pembuatan tangka dan masih banyak lagi. Berikut ini perbedaan dari kedua jenis plat tersebut.

  1.       Plat Besi Hitam

Plat ini dikenal juga dengan sebutan base plate dimana sesuai dengan namanya, material dasar hitam inilah digunakan untuk berbagai pekerjaan konstruksi. Jika dilihat berdasarkan dengan bentuknya ternyata mirip dengan triplek dengan ukuran standar 4×8 feet.

Biasanya para kontraktor menggunakan material ini untuk memperkokoh profil baja. Selain itu, biasanya juga digunakan untuk keperluan stamping. Yakni proses pembentukan logam yang akan digunakan untuk berbagai kebutuhan.

  1.       Plat Besi Putih

Sedangkan untuk tipe plat besi putih ternyata tidak terdapat lapisan tertentu pada permukaannya. Untuk plat besi inilah dikenal juga dengan sebutan steel plat cold roll coil. Pada tipe plat inilah juga mudah dibentuk.

Tetapi karena tidak terdapat lapisan khusus, maka mudah untuk berkarat. Karena itulah dibutuhkan proses coating terlebih dahulu.

Sering ditemukan dengan mudah di pasaran, Anda perlu mengetahui perbedaannya terlebih dahulu. Pastikan Anda paham perbedaan dari besi plat hitam dan putih sehingga bisa dengan mudah menyesuaikan kebutuhan.

Leave a Comment