Mengenal dan Cara Kerja Klinik dokter gigi anak

Klinik dokter gigi anak saat ini memang banyak dicari oleh para orang tua. Konsultasi dengan dokter gigi menjadi salah satu agenda yang tidak boleh dilewatkan bagi orang tua. 

Kedokteran gigi anak merupakan salah satu cabang ilmu yang fokusnya terhadap perawatan, pengobatan, serta penanganan gangguan gigi pada bayi, anak, maupun remaja. Khususnya, yang mempunyai kebutuhan khusus, seperti anak yang menderita leukemia maupun penyakit bawaan .

Mengenal Klinik dokter gigi anak

Pada dasarnya, sebelum menjadi spesialis anak, dokter gigi harus bisa menjalani pelatihan spesialis tambahan sekitar 3 tahun. Dokter juga harus bisa mempelajari psikologi anak agar bisa langsung mengetahui cara yang benar untuk berkomunikasi dengan anak. Hal ini dilakukan agar menghindari anak yang sering cemas ketika konsultasi.

Perlu diketahui, sejak kecil sampai usia remaja, gigi pada anak akan banyak mengalami suatu perubahan. Bahkan, semua gigi susu akan dihaluskan kembali oleh gigi permanen. 

Jadi selama masa pertumbuhan, gigi bisa saja rentan mengalami berbagai macam gangguan. Misalnya saja seperti gigi yang tumbuh tidak sempurna, karies gigi, atau letak gigi tidak teratur. Gigi juga bisa saja dapat tumbuh ke sudut maupun arah yang salah. Oleh karena itu, dengan adanya dokter gigi spesialis anak yang terlatih dapat menangani semua gangguan tersebut.

Sebagian besar dokter gigi spesialis anak lebih memilih untuk menangani pasien anak, khususnya yang mempunyai kebutuhan khusus, misalnya gangguan perkembangan penderita autisme, serta konsentrasi, maupun penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, bahkan kelainan darah.

Klinik dokter gigi anak juga telah menyediakan berbagai macam layanan. Akan tetapi, layanan yang paling umum yaitu pemasangan sealant gigi, perawatan dengan fluoride, pembersihan gigi, serta mahkota gigi bagi anak yang pemasangannya sudah permanen. 

Kini memang ada banyak sekali klinik gigi yang menggunakan peralatan modern. Hal ini untuk dapat mempercepat tindakan serta mengurangi kecemasan terhadap anak. 

Misalnya saja alat modern yang telah menggunakan mesin laser untuk bisa pemolesan gigi bahkan peralatan berbantu komputer. Jadi memang bisa merancang serta membuat mahkota pada gigi.

Cara Kerja Dokter Gigi Anak

Biasanya, Klinik dokter gigi anak akan mengawali dengan wawancara singkat mengenai kesehatan anak secara menyeluruh dan gangguan gigi yang pernah dialami. Hal ini tentunya bertujuan untuk bisa memahami riwayat kesehatan gigi anak dan dapat menentukan cara berkomunikasi yang paling baik. 

Kemudian, dokter gigi anak langsung bisa  memeriksa gigi serta berbicara kepada anak untuk bisa mengetahui apakah ada masalah. Ketika melakukan pemeriksaan, dokter gigi hanya perlu menggunakan cermin kecil, jadi tidak ada alat khusus lainnya.

Kemudian, dokter gigi juga akan akan membahas sedikit tentang hasil pemeriksaan. Jadi setiap masalah akan langsung dibahas secara rinci agar para orangtua bisa sepenuhnya memahami betapa pentingnya Klinik dokter gigi anak.

Leave a Comment